Kamis, 05 November 2009

Uji Kerenyahan

Nama : Dwi Kalaminasih
NIM : 095544227
Kelas :S1 Tata Boga ‘09 AA



PERUMUSAN MASALAH
Apakah jenis kerupuk berpengaruh terhadap kerenyahan kerupuk ?


PERUMUSAN HIPOTESIS
Jenis kerupuk berpengaruh terhadap kerenyahan kerupuk


IDENTIFIKASI VARIABEL
Variabel bebas : Jenis Kerupuk
Variabel terikat : Kerenyahan (tegangan puncak)
Variabel control : Luas penampang alat tekan dan Neraca


PENGUBAHAN, PENGENDALIAN, DAN PENGUKURAN VARIABEL
Kami menggunakan neraca dan alat tekan dengan luas penampang yang sama ( V. Kontrol ) akan tetapi jenis kerupuknya berbeda, misalnya ; krupuk ikan, krupuk melinjo, krupuk udang, krupuk kampong, dan krupuk gadung (V. Bebas)

Krupuk-krupuk tersebut mula-mula ditimbang menggunakan neraca yang sama dengan menggunakan alat penyangga yang sama pula (V.Kontrol) untuk mengetahui massa awal (Mo), kemudian dengan menggunakan alat tekan yang luas penampangnya sama (V.Kontrol) krupuk-krupuk tersebut ditekan diatas neraca hingga krupuk-krupuk tersebut patah dan dari neraca kita bisa dapatkan massa ahir (Mt). pengujian ini dilakukan sebanyak tiga kali pada setiap jenis krupuk.

Setelah pengujian dilakukan pada masing-masing krupuk, yang kami lakukan selanjutnya adalah melakukan penghitungan jumlah massa (∆M) dengan mengurangi Mt dengan Mo, karena satuannya masih dalam gram, maka langkah selanjutnya adalah mengubahnya menjadi kilogram. Karena σ = F/A maka dicari F-nya lebih dulu yaitu dengan mengalikan ∆M dengan gaya grafitasi (g). kemudian tinggal mencari A atau luas penampang alat tekan yang digunakan.

Selanjutnya, dihitung kerenyahan masing-masing krupuk dengan membagi gaya (F) dengan luas penampang alat tekan (A), kemudian diambil rata-rata dengan menjumlahkan hasil ketiga pengujian pada masing-masing jenis krupuk kemudian dibagi tiga.

PENYIAPAN TABEL DATA












PERANCAGAN CARA ANALISIS DATA

Tabel :














Grafik :


























Analisis / Pembahasan :

Dari analisis tabel dan grafik diatas maka dapat disimpulkan antara lain :
- Semakin kecil jumlah massa (∆M) krupuk maka semakin kecil tegangan puncaknya (semakin tinggi kerenyahan krupuk tersebut).
- Semakin besar jumlah massa (∆M) krupuk maka semakin besar tegangan puncaknya (semakin rendah kerenyahan krupuk tersebut).


Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa :

Jenis krupuk berpengaruh terhadap kerenyahan krupuk

1 komentar:

  1. Berpengaruhkah tegangan yang diberikan apabila tegangan yang digunakan oleh orang yang berbeda?

    BalasHapus